25 Agustus 2008

Cara Menemukan Tema untuk Adsense

Apa masalah yang dihadapi ketika pertama kali memutuskan untuk menekuni Google Adsense? Diluar masalah teknis seperti bagaimana cara membuat web, pertanyaan utama dan klasik adalah “Saya mau membuat situs tentang apa ?” Kelihatannya sepele, tapi banyak orang yang tidak segera memulai karena tidak bisa menjawab pertanyaan sederhana ini. Memang jawabannya susah-susah gampang. Artikel di bawah ini mungkin bisa membantu anda untuk menemukan tema apa yang akan digunakan di situs adsense anda.

Secara umum ada dua cara untuk menemukan ide tentang topic situs (niche website) yang akan dibuat, pertama dari keahlian yang dimiliki atau hobi yang dipunyai. Seandainya anda seorang montir, buatlah situs tentang tips-tips merawat kendaraan misalnya, atau seorang broker property, bisa membuat situs tentang bagaimana cara membeli rumah sesuai dengan keinginan dan harga yang miring.



Bisa juga dari hobi, misalnya anda mempunyai hobi merawat tanaman adenium atau ikan koi, bisa membuat situs tentang hal tsb. Keunggulan membuat membuat situs tentang keahlian atau hobi kita adalah kita mempunyai sumbar dan energi yang tidak terbatas untuk terus mengembangkan dan mengupdate situs kita. Ingat, secara umum situs adsense merupakan situs yang menjual informasi, semakin berguna, spesifik, dan unik informasi yang kita berikan. maka situs kita akan mendapat banyak pengunjung dan tentu saja akan meningkatkan peluang mereka untuk mengklik iklan-iklan yang ada di situs kita.

Cara yang kedua, mirip dengan cara pedagang general supplier atau kadang terkenal denga istilah “Elo cari apa aja gue ada”. Ya, kita membuat tema situs sesuai dengan demand atau tuntutan pasar atau dengan topic yang banyak dicari orang di internet, atau topic apa yang lag “hot” di saat itu, seperti pedagang buah, lagi musim durian, jualan durian, musim duku jual duku dsb. hukum dagang menyebutkan, jika anda mau membuat suatu produk, buatlah produk yang paling banyak dicari tapi sedikit penyuplainya.

Hukum ekonomi supply dan demand berlaku juga untuk bisnis google, semakin tinggi permintaan (demand) dan semakin sedikit pemasok (supply), maka semakin bagus. Topik yang paling bagus untuk dijadikan situs niche adalah topic yang yang paling banyak dicari para pengguna intenet, tetapi hanya sedikit situs yang memuat infomasi tersebut. Dalam dunia adsense, topic yang dimaksud diwakili oleh kata kunci (keyword) dan dan supply diwakili oleh hasil pencarian.

Bagaimana cara mengetahui keyword (demand) yang paling banyak dicari? Untuk pemula, anda bisa menggunakan di http://www.inventory.overture.com/, sebenarnya ada beberapa situs yang menawarkan software berbayar untuk pencarian keyword (seperti wordtracker.com atau toppayingkeywords.com, coba search di google dengan kata kunci “high paying keywords”), namun untuk pemula, yang gratisan saja sudah cukup. Yup, sekarang dimulai, studi kasus lagi, kembali ke situs contoh http://www.welding-engineering.com/ , awalnya dibentuk dengan riset kata kunci welding, kenapa topiknya welding (pengelasan)?, karena saya punya kompetensi dibidang itu, masukkan kata ke overture dan akan keluar hasil pencarian pada bulan sebelumnya.

Catatan: Tools di overture ini merupakan gambaran banyaknya pencarian di yahoo.com, untuk estimasi pencarian di google, hasil di overture dikalikan tiga.

Terlihat dari overture bahwa pada bulan Februari 2007, kata welding dicari sebanyak 64023 Kali, dan terdapat juga kata-kata yang mempunyai frasa dengan music. Berarti demandnya cukup tinggi ya, nah sekarang kita ingin tahu kondisi supply dengan menggunakan google.com. Woow… ternyata hasi pencarian untuk keyword welding di google mencapai 33,6 juta kata, sudah terlalu banyak suplainya (terlalu banyak saingan ya).

Baca selengkapnya disini..

15 Agustus 2008

Apa Itu Blog atau Weblog

Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan para pembuatnya atau para Blogger. Blog yang pada mulanya merupakan ''catatan perjalanan'' seseorang di internet, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini disebabkan karena para Blogger biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar ''cerdas'' mereka, pendapat-pendapat pribadi dan bahkan mengekspresikan sarkasme mereka pada link yang mereka buat.



Dari komentar-komentar tadi biasanya Blog kemudian menjadi jendela yang memungkinkan kita ''mengintip'' isi kepala dan kehidupan sehari-hari dari penciptanya. Blog adalah cara mudah untuk mengenal kepribadian seseorang Blogger. Topik-topik apa yang dia sukai dan tidak dia sukai, apa yang dia pikirkan terhadap link-link yang dia pilih, apa tanggapannya pada suatu isu. Seluruhnya biasanya tergambar jelas dari Blog-nya. Karena itu Blog bersifat sangat personal.

Roger Yim, seorang kolumnis San Francisco Gate pada artikelnya di Februari 2001, menuliskan bahwa sebuah Blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di internet. Sedangkan Scott Rosenberg dalam kolomnya di majalah online Salon pada Mei 1999 menyimpulkan bahwa Blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekadar kumpulan link tapi kurang instrospektif dari sekadar sebuah diary yang disimpan di internet.

Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika kemudian Blog bahkan tidak lagi memuat link-link tapi hanya berupa tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi diary anline yang berada di internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari diary atau jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain. Para Blogger dengan sengaja mendesain Blog-nya dan isinya untuk dinikmati orang lain.

Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman What's New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya Justin's Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.

Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada di luar sana belumlah seberapa. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.

Pada Agustus 1999 sebuah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com yang memungkinkan siapa pun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan Blog-nya sendiri secara online dan gratis. Walaupun sebelum itu (Juli 1999) layanan membuat Blog online dan gratis yaitu Pitas telah ada dan telah membuat Blogger bertambah hingga ratusan, tetapi jumlah Blog tidak pernah bertambah banyak begitu rupa sampai Blogger.com muncul di dunia per-blog-an.

Blogger.com sendiri saat ini telah memiliki hingga 100.000 Blogger yang menggunakan layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20% per bulan. Blogger.com dan Pitas tentu tidak sendirian, layanan pembuat blog online diberikan pula oleh Grouksoup, Edit this Page dan juga Velocinews.

Sejak saat itu Blog kian hari kian bertambah hingga makin sulit untuk mengikutinya. Eatonweb Portal adalah salah satu daftar Blog terlengkap yang kini ada diantara daftar Blog lainnya. Ribuan Blog kemudian bermunculan dan masing-masing memilih topik bahasannya sendiri, dimulai dari bagaimana menjadi orangtua yang baik, hobi menonton film, topik politik, kesehatan, seks, olah raga, buku komik dan macam-macam lagi. Bahkan Blogger ada Blog tentang barang-barang aneh yang dijual di situs lelang Ebay yang bernama Who Would By That?

Cameron Barret menulis pada Blog-nya esai berjudul ''Anatomy of a Weblog'' yang menerangkan tema dari Blog. Blog seringkali sangat terfokus pada sebuah subjek unik yaitu sebuah topik dasar dan/atau sebuah konsep yang menyatukan tema-tema dalam Blog tersebut. Secara sederhana topik sebuah Blog adalah daerah kekuasaan si Blogger-nya tanpa ada editor atau bos yang ikut campur, tema segila apa pun biasanya dapat kita temukan sejalan dengan makin bermunculannya Blog di internet. Dan ya, ide itu telah terpikirkan, Blogger bahkan sekarang telah membuat Blog dari Blog, dan bahkan Blog dari Blog dari Blog.

Dari sedemikian banyak Blog yang ada, Blog-blog yang menetapkan standar dari Blog dan terkenal sehingga memiliki penggemarnya sendiri di antaranya adalah Blog milik Jorn Barger, Robot Wisdom yang disebut-sebut merupakan Blog terbesar dan paling berguna dimana dia setiap harinya menyodorkan sekian banyak link yang dibentuk dari ketertarikannya pada seni dan teknologi. Camworld adalah Blog populer milik Cameron Barret seorang desainer interaktif di mana dia mengkatrgorikan topik-topik Blog-nya pada kategori, Random Thoughts, Web Design dan New Media. Camworld dapat disebut sebagai Blog klasik dalam arti Blog tersebut mengandung dosis tepat dari karakter dan opini pribadi dicampur dengan keselektifan pemilihan link-nya. (iah/net)

Baca selengkapnya disini..

Mencari Ide Adsense Dengan Adwords

Di luar keterbatasan tools dari overture dan symbiotic untuk menemukan ide kata kunci (keywords) untuk situs adsense, sebenarnya kita bisa memanfaatkan program periklanan Google Adwords untuk mengecek keakuratan data yang didapat dari overture dan symbiotic. Bagaimana caranya? Apa kelebihan dan kekurangan tools ini? Simak detailnya di tulisan ini.

Melanjutkan tulisan sebelumnya (cara menemukan ide untuk tema di situs adsense), disitu sudah dijelaskan bahwa cara untuk menemukan ide untuk kata kunci (keyword) dan niche di situs adsense adalah dengan menggunakan tool di overture (http://www.inventory.overture.com/) atau di http://www.symbiotic.com/. Namun kedua tool ini punya kelemahan, overture merupakan tool dari yahoo, yang tentu saja hasilnya kurang akurat jika digunakan sebagai patokan banyaknya pencarian yang dilakukan di Google.

Symbiotic lebih akurat dari overture, sudah merepresentasikan banyaknya pencarian di Google, malah sudah ada nilai klik per kata kunci, kelemahannya adalah jumlah database kata kunci di symbiotic sangat terbatas, kadangkala kita menemukan jawaban “not found” atau klik per day sama dengan nol dari symbiotic, padahal aktualnya belum tentu seperti itu, mungkin ini terjadi karena symbiotic “ kurang cepat” dalam mengikuti dinamika statistic di Google yang berjalan sangat cepat, nilai pay per click dapat berubah dengan sangat dinamis tergantung hasil lelang pemasang iklan. Tapi untuk pemula kedua tools ini sangat bagus untuk bahan latihan karena bentuknya yang sederhana

Catatan: Ketika tulisan ini dibuat, tools di overture sedang ada gangguan, sehingga tidak bisa menampilkan statistic pencarian yang diminta.

Nah bagaimana untuk meminimalisir kekurangan-kekurangan itu (pembahasan ini dalam scope tools gratis, jika anda membeli yang berbayar seperti wordtracker, lain lagi ceritanya), Ada satu cara lagi untuk membantu kita membidik kata kunci yang tepat, yaitu Google Adwords. Google adwords? ya google adwords? Bukankah itu situs untuk pemasang iklan? Ya betul, ingat adsense adalah kebalikan adwords, komisi yang didapatkan adsenser didapat dari pembayaran pemakai adwods. Sebagai bentuk layanan kepada pelanggannya, Google memberikan fasilitas kepada pengguna adwords untuk memperkirakan kata kunci (keyword) apa yang tepat untuk dibidik. Sebagai pengguna adsense kita dapat memanfaatkan tools ini sebagai referensi pecarian keywords. Kelebihan tools ini tentu saja adalah data yang akurat, karena bersumber langsung dari Google, melengkapi kelemahan dari dari overture atau symbiotic. Untuk bisa menggunakan tools ini, anda harus teregister dulu sebagai pemasang iklan. Lho, kalau saya gak mau memasang iklan gimana? Tenang aja, selama konfirmasi pembayaran tidak diaktifkan, tidak masalah kok. Jadi anda registrasi/membuka account agar dapat menggunakan tools penaksiran kata kunci. Masuk ke situs http://www.google.co.id/ klik program periklanan , kemudian lakukan registrasi sesuai dengan petunjuk, plih paket standard karena toolsnya lebih lengkap. Setelah proses registrasi selesai, masuk ke account anda, klik tab alat bantu, kemudian klik link Penaksir Tingkat Kunjungan, masukkan kata kunci yang ingin anda cari, klik lanjut, dan tersajilah data yang anda inginkan. Sangat akurat dan lengkap yang terdiri dari beberapa kolom, yaitu voume pencarian (dalam bentuk bar graph), perkiraan Biaya Per Klik (BPK) rata-rata, Perkiraan posisi iklan, Perkiraan Klik Per hari, dan Perkiraan Biaya Per Hari. Data yang cukup untuk riset keywords anda.

Baca selengkapnya disini..

10 Agustus 2008

Seputar Blog

Karena semakin banyaknya pengguna fasilitas blog dan seringnya para pengguna blog yang sering berkunjung ke blog lain, maka lazim dibentuk sebuah organisasi atau komunitas kumpulan blogger.

Website yang mendaftar para Blogger Indonesia yaitu Indo.Blogs. Kriteria satu-satunya agar Blog kamu terdaftar pada Indo. Blogs hanyalah berkebangsaan Indonesia, tanpa memandang secara geografis lokasi kamu berada. Blogger Indonesia tidak lupa mencantumkan sahabat-sahabat Blog mereka dengan rapih seperti yang biasa dilakukan oleh Blogger luar negri.

Lalu apakah ada Community Blog Indonesia? Yupe ada. Silahkan arahkah browser kita ke MSN.OR.ID. Para Blogger disini disebut “celetukers” karena sifatnya dimana masing-masing Blogger memang menyeletukan sesuatu yang kemudian mengisi website ini.



Lebih jauh lagi tentang Komunitas Blogger di Indonesia? Berarti kamu harus gabung sama mailing listnya. Bloggerians adalah mailing list diskusi terbuka untuk komunitas para Blogger Indonesia yang terbentuk sejak bulan Maret 2001 dan saat ini dianggotai oleh 45 anggota.

Lalu ada juga agregator blog indonesia, disitu kamu bisa mendaftar dengan memasukkan alamat blog dan feed blog kamu. Setiap postingan kamu yang terbaru akan ditampilkan disana sehingga dibaca oleh blogger-blogger lainnya. Disana blog kamu juga akan di ranking secara teratur.

Budaya populer
Dikalangan pecinta blog ada beberapa “bahasa gaul” yang sering digunakan, diantaranya:
  • Blogger : sebutan untuk pemilik blog
  • Blogging (ngeblog) : istilah yang digunakan untuk mengelola blog atau melakukan aktifitas blog seperti memposting.
  • Blogwalking : Istilah yang digunakan untuk bekunjung ke blog lain.
  • Blogroll : sebutan untuk saling bertukar link
  • Link Exchnge : hampir sama dengan Blogroll
  • Blogosphere : sebutan untuk dunia blogging atau kumpulan weblog.
  • Blogstorm (badai bog) : Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.
  • Love Link : Sebutan untuk link yang diberikan oleh blog populer atau blog yang memiliki pagerank lebih tinggi.
  • Dll.

Jenis-jenis blog
  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
Beberapa contoh blog dan bukan blog
  • Situs ini dan situs lain yang sejenis adalah blog
  • Media Indonesia bukan blog, karena isinya tidak ditulis dari sudut pandang pribadi, walaupun memiliki fasilitas sindikasi.
  • Cnet.com bukan blog, karena tulisannya adalah jurnalisme, bukan ditulis dari sudut pandang pribadi, walaupun Cnet.com juga memiliki fasilitas Trackback/Pingback.
  • Google Blog adalah blog, karena walaupun dimiliki oleh sebuah korporasi, tulisannya ditulis dari sudut pandang pribadi.
  • Slashdot adalah sebuah situs yang statusnya sebagai blog sering dipertanyakan. Menurut saya Slashdot adalah sebuah blog, sesuai dengan definisi saya di atas.
  • Engadget dan Gizmodo adalah blog karena walaupun isinya mirip dengan Cnet, tetapi ditulis dari sudut pandang pribadi.
Resiko ngeblog
Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog. Hal ini berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap.

Baca selengkapnya disini..
Template by : kendhin x-template.blogspot.com